Macam – Macam Kamera

Pasti sudah tak asing lagi istilah kamera. Terutama pada golongan remaja, kamera merupakan barang yang sudah umum dan sering mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari untuk mengabadikan momen penting bersama teman ataupun bersama keluarga. Pada dasarnya fungsi kamera adalah untuk meng-capture atau mengambil gambar. Namun walaupun begitu Anda perlu mengetahui jenis-jenis kamera, mulai dari jenis analog, polaroid hingga digital. Masing-masing memiliki  spesifikasi  dan feature yang berbeda-beda. Mungkin hal ini sudah banyak dijabarkan di website fotografi yang lain tentang macam-macam dan jenis kamera. Namun di kesempatan ini Saya akan memberikan pemaparan yang lebih simple tentang macam-macam dan jenis kamera yang perlu Anda ketahui sebagai pemula agar dalam membeli kamera bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan Anda :

KAMERA POCKET

Sesuai dengan namanya pocket yang berarti saku. Kamera jenis ini memiliki keunggulan dalam sisi ukuran yang pas untuk dimasukkan dan disimpan di dalam saku dengan ukuran berada di kisaran 4inchi-5inchi. Kamera jenis ini menawarkan kepada penggunanya sebuah kemudahan dalam penyimpanan ketika travelling dan kemudahan pengoperasian, karena tidak terlalu banyak memberikan effect feature yang beraneka ragam yang biasanya membuat para pengguna awam atau pemula bikin jadi bingung

Siapa yang cocok untuk menggunakan kamera pocket ?

Cocok untuk digunakan untuk orang yang ingin mendokumentasikan foto sehari-hari dan bukan untuk profesional seperti : Ayah, Ibu, Kakek, atau Nenek.

Apa keunggulan kamera pocket ?

Keunggulannya adalah mudah dibawa dan dengan feature yang sangat simple tidak akan membuat orang tua atau kakek dan nenek bingung ketika mengoperasikannya

Apa kekurangan kamera pocket ?

Untuk kamera pocket terkadang masing sering ngeblur untuk memotret, butuh kestabilan saat mengambil gambar. Di sini kita tidak bisa melakukan pengaturan shutter speed

Berikut beberapa tipe kamera poket yang mungkin cocok untuk Anda :

    KAMERA PROSUMER

    Bila Anda memiliki budget yang sedang tidak ada salahnya Anda melihat kamera jenis satu ini. Secara harga pastilah lebih mahal dibandingkan dengan kamera pocket. Tapi dengan budget yang lebih dibandingkan kamera pocket dan budget yang lebih kecil dibandingkan kamera DSLR. Kamera ini cukup oke untuk digunakan. Kamera jenis ini disebut juga dengan kamera bridge (jembatan) karena menjembatani antara kamera pocket dan kamera dslr. Atau bisa dibilang juga semi kamera pocket semi dslr.

    Siapa yang cocok untuk menggunakan kamera prosumer ?

    Cocok untuk digunakan untuk anak-anak kita yang tertarik dunia fotografi atau di lembaga pemerintahan yang membutuhkan dokumentasi yang labih baik dibandingkan kamera pocket.

    Apa keunggulan kamera prosumer ?

    Kamera jenis ini memiliki zoom yang jauh lebih jauh dibandingkan kamera pocket. Sehingga sangat nyaman ketika digunakan untuk dokumentasi acara dimana ketika acara terkadang kita tidak selamanya bisa mendekat ke depan objek karena bisa mengganggu audience yang sedang menikmati acara.

    Apa kekurangan kamera prosumer ?

    Sayangnya kamera jenis ini tidak dapat diupgrade layaknya DSLR yang kita dapat mengganti pilihan lensa mulai dari lensa fix, lensa zoom, lensa macro, atau lensa fish eye. Namanya juga semi sich. Kalo bisa diganti yah nanti namanya kamera DSLR

    Berikut beberapa tipe kamera prosumer yang mungkin cocok untuk Anda :

      KAMERA DSLR (DIGITAL SINGLE LENS REFLEX)

      Nah jenis yang satu ini pastinya sudah pasti tahu semuanya kan. Apalagi dewasa ini barang yang satu ini seperti jadi barang yang wajib dipunyai untuk anak-anak jaman sekarang. Dulu kamera DSLR termasuk barang yang tergolong mahal dan benar-benar hanya orang yang memiliki profesi sebagai fotografer yang memiliki kamera jenis satu ini. Namun lihatlah sekarang ketika Anda berlibur di sebuah tempat wisata. Banyak sekali mereka yang berfoto menggunakan kamera DSLR. Lensa DSLR sendiri dibagi menjadi 2 :

      1. Full Frame (FX) untuk kamera fullframe sendiri memiliki harga yang cukup fantastis bisa diatas 50 juta namun memang sangat oke dan cocok banget untuk buat yang serius mendalami fotografi sebagai profesi. Kelebihannya adalah apa yang Anda lihat di view finder/jendela bidik maka hasil foto akan sama persis tidak ada efek potongnya sama sekali.
      2. Crop (APS-C atau DX) untuk kamera ini memiliki harga yang lebih terjangkau dan memang kamera jenis inilah yang biasanya banyak dimiliki anak-anak muda jaman sekarang. Sesuai dengan namanya kekurangan kamera jenis ini adalah terdapat cropping factor sehingga apa yang Anda lihat view finder/jendela bidik belum tentu hasilnya sama ketika Anda lihat. Namun setelah lama memegang kamera jenis ini maka lama kelamaan Anda akan tahu dan terbiasa bagaimana mengambil foto agar objek yang kita inginkan tidak ter-crop.

      Siapa yang cocok untuk menggunakan kamera DSLR ?

      Cocok untuk digunakan oleh mereka yang memiliki hobi fotografi ataupun yang memang berprofesi di bidang fotografi.

      Apa keunggulan kamera DSLR ?

      Kamera jenis ini menawarkan banyak variasi pilihan. Dari lensa yang beraneka ragam bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Misal untuk sport kita membutuhkan lensa jarak jauh maka kita bisa menggunakan lensa zoom atau lensa super zoom. Untuk objek kecil kita bisa menggunakan lensa macro yang pembesarannya bisa berkali-kali lipat. Untuk foto orang kita bisa menggunakan lensa fix yang bisa memberikan effect bokeh/ngeblur di bagian background object. Kita juga dapat menambahkan alat pendukung lain misal : batteray grip (untuk tambahan batteray cadangan), speedlite (walau di kameranya sendiri sudah terpasang flash lampu, namun terkadang kita membutuhkan flash external yang mempunyai cahaya lebih kuat, khususnya untuk foto indoor dengan cahaya minim, ini sangatlah penting) dll.

      Apa kekurangan kamera DSLR ?

      Kamera ini memiliki beraneka ragam variasi dan feature sehingga cukup membingungkan untuk para pemula. Namun untuk belajar Anda bisa memulai dengan entry level seperti : Nikon (D3100, D3200, D3300) & Canon (1100D, 1200D, 1300D)

      Berikut beberapa tipe kamera DSLR yang mungkin cocok untuk Anda :

        KAMERA MIRRORLES

        Ini adalah kamera jenis baru. Untuk mengambil gambar kita tidak perlu melihat ke lensa bidik kita bisa langsung menggunakan layar yang tersedia.

        Siapa yang cocok untuk menggunakan kamera mirrorless ?

        Cocok digunakan oleh orang yang punya duwit banyak ^_^ hehehehehe. Karena harganya lumayan mahal baik body maupun lensanya.

        Apa keunggulan kamera Mirrorless ?

        Seperti yang Anda lihat di gambar di atas bahwa kamera Pocket yang dikawin silangkan dengan kamera DSLR makan akan menjadi kamera mirrorless. Yah benar sekali keunggulan dari kamera yang satu ini adalah dia memiliki ukuran sekelas dengan kamera pocket yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana namun memiliki kemapuan perfoma yang sekelas kamera DSLR. Cukup simple, praktis, performa tinggi ini adalah yang menjadi ciri khas kamera jenis satu ini.

        Apa kekurangan kamera mirroless ?

        Karena tergolong produk yang baru, harga kamera ini masih cukup mahal. Dan untuk upgrade lensa pun belum terlalu banyak memiliki varian seperti kamera DSLR

        Berikut beberapa tipe kamera mirrorless yang mungkin cocok untuk Anda :

          KAMERA ACTION

          Untuk penggila sport/olahraga, kamera yang satu ini memang sudah dinanti cukup lama. Kamera jenis satu ini menghasilkan rekamana video yang cukup bagus. Ditambah beberapa featurenya cukup keren seperti : tahan air, fish eye effect, dan ukurannya yang kecil.

          Siapa yang cocok untuk menggunakan kamera action?

          Mereka yang memiliki hobi olahraga seperti sepeda gunung, skateboarding, selancar, terjun payung, dll. Sekarang mereka yang hobi touring dengan motor gedhe pun biasa memasang kamera jenis satu ini di helm mereka

          Apa keunggulan kamera action ?

          Kamera jenis ini menawarkan hasil video yang jernih dan mampu mengikuti pergerakan kegiatan kita tanpa ada blur.

          Apa kekurangan kamera action ?

          Kamera ini tidak menawarkan feature upgrade untuk lensanya.

          Berikut beberapa tipe kamera action yang mungkin cocok untuk Anda :

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *

            *
            *