Fotografi Buatmu Itu Hobi Atau Profesi ?

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa bidang fotografi dewasa ini tak hanya dijadikan sebuah profesi namun juga sebagai hobi. Hal tersebut dikarenakan karena harga Kamera DSLR yang makin bervarian dari Entry Level yang 3 jutaan hingga Pro Level 80 jutaan. Maka tak heran banyak masyarakat menengah ke bawah pun sudah dapat mencicipi sensasi melihat view finder dari Kamera DSLR yang sangat menakjubkan.

Dulu orang yang bawa, megang dan mengoperasikan kamera DSLR pasti disebut Fotografer karena memang belum menjadi barang yang umum dimiliki setiap orang. Hanya orang yang berprofesi fotografer lah yang niat membeli kamera yang tergolong mahal ini. Namun sekarang humtttt jangan heran. Beberapa pekan lalu saat di Sidoarjo kulihat anak SD pun sudah megang kamera yang tergolong cukup berat untuk tangan-tangan mungil mereka. Rupanya sudah ditanamkan sejak dini. Mungkin harapan orang tuanya agar si buah hati memiliki hobi dalam fotografi dan bisa jadi ke depannya fotografi yang dia sukai menjadi profesi.

Fotografi yang dijadikan sebagai hobi pun sekarang ditunjang dengan berbagai event hunting bareng dimana ngeroyok 1 model untuk dibidik dari view finder. Makin kece lensanya makin kece dan bening pula hasil bidikannya. Hahahahaha entah yang ini hobi fotografi atau hobi ngeliatin paha dada. Hahahahahaha.

Fotografi yang dijadikan sebagai profesi bisa kita lihat dari keseriusan mereka selain berinvestasi alat juga berinvestasi ilmu. Orang-orang yang satu ini tentunya gak akan segan-segan buang rupiah untuk upgrade skill dalam capturing, lighting, directing, atau make up. Semua dilakukannya untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal untuk memenuhi kepuasan klien mereka

Pendapat saya pribadi untuk fotografi sebagai hobi dan profesi lebih ditekankan pada sisi KEPUASAN. Fotografi sebagai hobi hanya bertujuan untuk senang-senang dan memuaskan diri sendiri. Sedangkan fotografi sebagai profesi bertujuan untuk memuaskan keinginan dari klien kita. Klien puas maka kita sebagai fotografer pun juga akan merasa puas karena hasil karya kita sudah dapat dinikmati dan dihargai oleh orang lain.

Kalo pendapatmu bagaimana soal Fotografi sebagai Hobi atau Profesi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*